Cuti Online sudah bisa melalui KHIFondation

images

Saat ini KHIFondation dilengkapi fiter baru yaitu Cuti Online. Sesuai dengan namanya, di KHIFondation ini bagi karyawan KHI bisa mengajukan cuti secara online melalui form yang sudah disediakan. Cuti online ini akan otomatis menghitung beberapa parameter, diantaranya :

  1. Masa kerja tahunan yang akan menentukan apakah karyawan tsb mendapatkan jatah cuti reguler (Cuti Tahunan/Besar)
  2. Sisa cuti jatah karyawan tersebut. Apabila tidak diambil hingga masa TMB habis, maka sisa cuti tsb hangus dan tidak bisa diambil pada saat TMB berikutnya.
  3. Sistem akan memblokir jumlah hari pengambilan cuti apabila tidak sesuai dengan sisa hari yang tertera.

Flow Cuti

Pada saat akan mengajukan melalui : Cuti Online, maka user akan diminta membaca terlebih dahulu ketentuan-ketentuan sesuai gambar berikut :

Readme

 

Kemudian akan muncul form dengan isian sebagai berikut :

Form1

 

Pada point 1 hingga 6, user diminta untuk mengisikan sesuai kebutuhan, contohnya Jenis Cuti (tahunan, besar, sakit, dll)

Pada Point 7 adalah informasi TMB dimana parameter diambil dari tanggal Permanen atau tanggal kontrak karyawan. Hal ini yang akan menentukan apakah karywan tsb mendapatkan hak cuti besar/tahunan beserta hak cuti yang boleh diambil.

Karyawan yang bekerja kurang dari 1 tahun belum mendapatkan hak cuti.

Jika sudah lengkap mengisi form tsb, maka langsung bisa klik tombol Submit Form sesuai gambar. Apabila sukses maka akan muncul 2 tampilan berikut ini:

Form3 Form4

 

Apabila tidak muncul selain gambar diatas. Kemungkinan terjadi error atau kesalahan pada saat memasukkan parameter2 tsb. Agar diperhatikan item-itemnya sesuai error yang muncul.

Maka pada saat membuka List Cuti + Approval, maka status History Cuti Saya akan muncul sbb :

List1

List history tersebut berguna untuk me-monitor form pengajuan yang user sudah buat sebelumnya.

 

Sistem Cuti Online membutuhkan approval dari atasan ketika form dari user sudah sukses submit

list2

 

Apabila atasan menyetujui, maka klik tombol APPROVE dan Reject untuk sebaliknya. maka form tersebut akan segera dikirimkan kepada Admin SDM untuk dilakukan validasi tanggal dan dimasukkan ke SAP.

list3

 

 

Khusus untuk Admin SDM :

Akan muncul list form sebagai berikut pada Admin Cuti :

lis5

 

Sebelum dimasukkan ke dalam SAP, Admin SDM harus memeriksa kembali dengan cek tanggal cuti apakah sudah sesuai dengan tanggal sebenarnya. Misalkan ada libur nasional sedangkan karyawan dengan jatah cuti tahunan tanggal tsb tidak dihitung, maka Lama Cuti nya dikurangi sesuai jumlah libur nasional tersebut. Atau dalam keadaan lainnya.

Setelah semua dirasa sudah OK, maka Admin SDM wajib melakukan input ke dalam SAP sesuai parameter tertera dan melakukan submit pada tombol SAP.

 

Demikian penjelasan singkat dari kami. Cuti Online akan mengurangi penggunaan kertas dan memperbaiki sistem pencatatan Cuti yang selama ini masih dilakukan di SDM agar lebih efisien dan data lebih akurat. Apabila ada kebutuhan tambahan ataupun saran yang membangun akan kami terima. Thank you….

About The Author

Keep simplified...

Related posts

7 Comments

  1. yarda subhari

    Om, bagaimana dengan karyawan yg akan memanfaatkan cuti dg mengambil cuti tahun depan (Kasbon) dikarenakan jatah cuti karyawan tsb sudah habis ??..
    Apakah masih bisa dilakukan apabila ada kebijakan dari atasan yg bersangkutan atau sudah pasti terblok oleh sistem ??..
    Terima kasih sebelumnya atas informasinya..

    1. Johan Wibisono

      Sistem pasti akan memblokir soal yang beginian. Jika ingin advanced bisa langsung mendatangi admin di kantor SDM KHI CM2 Jl. Amerika I Kawasan Krakatau Steel Cilegon – Banten. 🙂

  2. samsulhadi

    Dear Johan, Data TMB (Tanggal Mulai Bekerja) ku kok belum benar ya?, padahal awal tahun 2015 lalu katanya sudah dibetulin oleh SDM. Terimakasih.

    1. Johan Wibisono

      Justru datanya saya peroleh TMB tsb dari SDM pak. Boleh pak tanggal TMB bapak yg benar berapa ya?? biar saya bantu edit kan

    2. Winda Kurniawati

      Dear Pak Samsul, datanya sudah saya update untuk date TMB beserta jenis cutinya. Date TMB di KHI Fondation juga sudah sudah diupdate oleh Pak Johan . Terimakasih Pak sudah diingatkan kembali.

Leave a Reply