Efek Covid 19, Teleconference Menggunakan Google Meet

Dear KHI,

Terkait informasi terakhir mengenai wabah Virus Covid 19 di Indonesia yang semakin buruk, maka disarankan kepada seluruh warga menjalankan program Social Distance (jaga jarak) di lingkungannya tak terkecuali di KHI yang saat ini sedang memasuki tahap Work Form Home (Kerja di rumah) untuk sebagian karyawan.

Untuk dapat tetap berkomunikasi sesama karyawan bisa menggunakan beberapa media seperti telepon, sms, WA, Email dan lainnya. Namun, untuk dapat saling berkomunikasi tatap muka dan secara massive bisa menggunakan fasilitas Google Meet yang sudah disediakan oleh Google yang sudah termasuk di dalam akun khipipe/Google.

Google Meet bisa melakukan meeting conference tatap muka secara online melalui beberapa media yang sudah mendukung yaitu PC/komputer, Laptop, Smartphone. Syarat untuk dapat menggunakan Google Meet juga cukup mudah, kita hanya perlu akun Google/khipipe dan terhubung ke internet.

Adapun langkah-langkah mudah dalam menggunakan Google Meet, yaitu :

  1. Masuk ke dalam Gmail menggunakan akun yang ada.
  2. Klik 9 dot pada pojok kanan atas gmail, lalu pilih Meet
    • 1 meet
  3. Lalu pilih Join or Start Meeting
    • 2 join
  4. Masukkan nama meeting nya
    • 3 nama meeting
  5. Selanjutnya akan muncul gambar, pada posisi ini untuk konfirmasi apakah kamera dan mic yang terhubung dengan perangkat sudah berjalan dengan normal. Apabila ada yang bermasalah, agar diperiksa terlebih dahulu apakan kamera dan mic berjalan normal atau sudah allowed secara sistem. Jika tidak ada masalah bisa lanjut ke Join Meeting.
    • 4 join meeting
  6. Setelah berhasil masuk ke dalam meeting, maka akan muncul notifikasi alamat spesifik meeting tersebut. Silahkan di share kepada orang lain untuk bergabung di dalam meeting tersebut. Selain itu bisa menggunakan fungsi Add People pada posisi bawah atau sidebar sebelah kanan pada saat meeting berlangsung.
    • 5 share
  7. Jika semua sudah terhubung, maka bisa melakukan komunikasi secara bersamaan. Namun kualitas gambar dan suara tergantung dari kualitas koneksi perangkat.
    • All
  8. Jika sudah selesai melakukan meeting, gunakan tanda telepon berwarna merah untuk menutup sesi meeting.

Jika menggunakan smartphone, silahkan download terlebih dahulu aplikasi Hangout Meet pada Playstore untuk Android atau pada AppStore untuk pengguna Apple. Sedangkan cara menggunakan nya tidak berebda jauh dengan perangkat PC/Notebook.

all3

 

Beberapa Troubleshooting yang mungkin terjadi pada saat akan menggunkana Google Meet :

  • Kamera tidak muncul : Pastikan browser sudah allowed perangkat kamera terhubung dengan PC/Notebook, dan pastikan juga kamera tersebut berfungsi dengan cara tes terlebih dahulu menggunakan aplikasi kamera bawaan.
  • Mic dan Headset tidak respon : Pastikan browser sudah allowed perangkat mic/headset terhubung dengan PC/Notebook, dan pastikan juga mic/headset tersebut berfungsi dengan cara tes terlebih dahulu menggunakan control panel/Sound Settings.
Print Friendly, PDF & Email

About The Author

Keep simplified...

Related posts

1 Comment

Leave a Reply